MAKALAH GUNUNG MELETUS


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Berbagai negara yang tercakup pada satu planet yang bernama bumi memiliki kemungkinan untuk terjadinya berbagai bencana alam mengingat beberapa struktur lapisan yang membentuk bumi mengakibatkan perubahan, pergeseran ataupun kerusakan yang berdampak pada suatu fenomena ataupun peristiwa yang menganggu penghidupan atau kehidupan seluruh komunitas ataupun populasi yang menempati wilayah di suatu Negara. 



Bencana alam terbagi atas bencana yang disengaja maupun disengaja, Bencana alam yang disengaja merupakan bencana yang terjadi atas perilaku manusia yang mengganggu ekosistem alam seperti masyarakat yang berada pada suatu daerah yang memiliki pola perilaku tidak disiplin dan bertanggung jawab dengan membuang sampah sembarangan dan membiarkannya tanpa mengolah dan mengacu pada prinsip 3R, serta bencana yang tidak disengaja merupakan bencana yang disebabkan karena rusaknya ekosistem akibat perubahan, pergesaran struktur bumi. Seperti gempa bumi, tanah longsor, tsunami, hingga gunung meletus yang tercatat telah memberikan sumbangsih terhadap penekanan angka mortalitas.
Terutama peristiwa gunung meletus yang telah terjadi di Indonesia seperi peristiwa gunung kelud, merapi, galunggung hingga Krakatau yang telah menyebabkan perubahan iklim global dan menyebabkan gelapnya dunia hingga kurun waktu 2 setengah hari akibat tertutupnya atmosfir oleh debu vulkanis.
Secara geografis Indonesia dikepung oleh tiga lempeng dunia, yaitu Lempeng Eurasia, Lempeng Indo-Australia, dan Lempeng Pasifik. Sewaktu – waktu lempeng ini akan bergeser patah dan menimbulkan gempa bumi. Akibatnya, tumbukan antarlempeng tektonik dapat menghasilkan tsunami seperti yang terjadi di Aceh. Selain dikepung oleh tiga lempeng dunia, Indonesia juga merupakan jalur The Pasific Ring of Fire (Cincin Api Pasifik) yang merupakan rangkaian jalur gunung api aktif.
Berbagai ancaman bencana alam yang datang tanpa dapat direncanakan tersebut, masyarakat Indonesia yang tinggal di daerah rawan bencana seharusnya mempersiapkan diri menghadapi musibah dan bencana alam sebagai upaya meminimalisasi jumlah korban.Salah satu bentuk persiapan adalah mitigasi. Mitigasi adalah serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana
Salah satu bentuk penerapan mitigasi pada keadaan bencana sebagai upaya meminimalisasi dampak musibah dapat dilihat dan diperhatikan pada penanganan bencana Gunung Merapi pada tahun 2010.Upaya mitigasi pemerintah adalah dengan membangun bungker – bungker di sekitar daerah kaki gunung di wilayah Gunung Merapi, Yogyakarta.Selain itu, pemerintah juga membangun instalasi sirine yang aktif pada saat darurat untuk peringatan status awas atau siaga Gunung Merapi sebagai early warning system (EWS). Sirine ini akan berdering sebagai tanda bahwa masyarakat di sekitar kaki Gunung Merapi harus segera mengungsi di tempat yang lebih aman pada jarak radius yang ditetapkan oleh lembaga pemerintah, dalam hal ini BMG (Badan Meteorologi dan Geofisika), Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi, dan Balai Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK). Di samping itu, penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi bencana Gunung Merapi juga perlu disiapkan antara lain sosialisasi kepada masyarakat yang tinggal di sekitar rawan bencana Gunung Merapi. Latihan evakuasi, persiapan dapur umum, manajemen tandu dan tenda, manajemen pengungsi, dan koordinasi pemerintah desa adalah beberapa contoh pelatihan bagi masyarakat sebagai upaya menghadapi bencana meletusnya Gunung Merapi.
Makalah dan penulisan ini adalah untuk mengetahui upaya mitigasi apa saja yang telah dipersiapkan oleh pemerintah daerah dan masyarakat yang tinggal di sekitar kaki gunung untuk menghadapi ancaman bencana meletusnya Gunung Merapi. Penulisan ini juga diharapkan mampu melihat kekurangan apa saja yang terdapat di lapangan sebagai upaya mitigasi bencana Gunung Merapi di Yogyakarta. Selain itu, penulisan ini juga diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai upaya mitigasi yang baik, tepat, dan aman sehingga upaya yang terarah dan terencana dapat meminimalisasi kerugian akibat bencana meletusnya Gunung Merapi baik secara material maupun nonmaterial.
B.    Tujuan Penulisan
1.    Tujuan umum
a.    Meningkatkan pengetahuan masyarakat (public awareness) dalam menghadapi serta mengurangi dampak/resiko bencana, sehingga masyarakat dapat hidup dan bekerja dengan aman (safe).
b.    Dapat mengetahui ciri-ciri gunung meletus sehingga dapat mengurangi kehilangan harta dan nyawa.

2.    Tujuan khusus
a.    Penulis dan pembaca dapat mengetahui tentang manajemen penanggulangan  bencana alam gunung meletus
b.    Melatih penulis dalam menggunakan ejaan dan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.
c.    Menambah kreatifitas penulis dalam menyusun makalah ini .
d.    Menambah pengetahuan atau cakrawala bagi penulis dan pembaca







BAB II
TINJAUAN TEORI
A.    Definisi
1.     Definisi Bencana
Peristiwa yg terjadi secara mendadak/tidak terencana atau secara perlahan tetapi berlanjut yang menimbulkan dampak terhadap pola kehidupan normal atau kerusakan ekosistem, sehingga diperlukan tindakan darurat dan luar biasa untuk menolong dan menyelamatkan korban yaitu manusia dan lingkungannya (KEMENKES RI no : 145/MENKES/SK/I/2007)
2.    Definisi Gunung Meletus
Gunung merupakan bentuk muka bumi yang menonjol dari rupa bumi di sekitar. Gunung biasanya lebih tinggi dan curam dibandingkan bukit. Gunung dan pegunungan terbentuk karena pergerakan kerak bumi yang menjulang naik. Jika kedua kerak bumi menjulang naik, pegunungan dihasilkan, sebaliknya jika salah satu kerak bumi terlipat bawah kerak yang lain, gunung berapi terbentuk.
Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal.
Gunung meletus adalah peristiwa alam dimana endapan magma yang berada di dalam perut bumi didorong keluar oleh gas yang mempunyai tekanan tinggi. Gunung meletus merupakan gejala alam vulkanik.
Gunung meletus merupakan peristiwa yang terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Magma adalah cairan pijar yang terdapat di dalam lapisan bumi dengan suhu yang sangat tinggi, yakni diperkirakan lebih dari 1.000 °C. Cairan magma yang keluar dari dalam bumi disebut lava. Suhu lava yang dikeluarkan bisa mencapai 700-1.200 °C. Letusan gunung berapi yang membawa batu dan abu dapat menyembur sampai sejauh radius 18 km atau lebih, sedangkan lavanya bisa membanjiri sampai sejauh radius 90 km. Tidak semua gunung berapi sering meletus. Gunung berapi yang sering meletus disebut gunung berapi aktif.
Gunung meletus adalah gunung yang memuntahkan materi-materi dari dalam bumi seperti debu, awan panas, asap, kerikil, batu-batuan, lahar panas, lahar dingin, magma, dan lain sebagainya. Gunung meletus biasanya bisa diprediksi waktunya sehinggi korban jiwa dan harta benda bisa diminimalisir.

B.    Jenis-Jenis Gunung
Pada garis besar gunung terbagi menjadi 2, yaitu gunung berapi/aktif dan tidak aktif.


1.    Gunung aktif,
yaitu gunung api yang masih bekerja yang kawahnya selalu mengeluarkan asap, gempa, dan letusan. Misalnya Gunung Stromboli .Gunung berapi terbentuk oleh lapisan material yang keluar dari perut bumi. Gunung berapi yang masih hidup atau aktif gejala yang tampak adalah timbulnya ledakan atau letusan. Kegiatan gunung berapi diawasi oleh Jawatan Geologi. Jawatan ini memiliki alat pencatat gempa bumi yang disebut seismograf.  Beberapa bentuk gunung api, yaitu : gunung api kerucut (strato), gunung api Landai (Maar) dan gunung api Perisai (tameng). Bentuk ini dipengaruhi oleh letak dapur magma dan sifat magma yang keluar dari perut bumi.
2.    Gunung tidak berapi
Gunung tidak berapi merupa-kan gunung yang sudah tidak aktif lagi. Gunung tidak berapi sangat kecil kemungkinan untuk meletus. Gunung tidak berapi sering juga disebut gunung mati. Contoh gunung tidak berapi adalah Gunung Muria (Jawa Tengah), Gunung Tambora (NTB), dan Gunung Melawan (Kalimantan Tengah).
3.    Bagian bagian gunung:
Gunung terdiri dari tiga bagian.Yaitu puncak, lereng dan kaki gunung.
a.    Lereng  yaitu suatu medan atau daerah yang permukaan tanahnya atau letaknya miring. Berdasarkan derajat kemiringannya lereng dibedakan menjadi empat macam yaitu, lereng landai,curam,terjal,tegak.
b.    Puncak
c.    Kaki gunung
Berdasar bentuknya dibagi menjadi :
1)    Gunung berapi perisai (Gunung berapi lava) : seperti perisai, terjadi karena lelehan yang keluar dan membentuk lereng yang sangat landai. Contoh: Gunung Mauna Loa (Hawaii).
2)    Gunung berapi strato, Bentuknya seperti kerucut, terjadi karena letusan dan lelehan (etusi) secara bergantian. Jenis ini banyak terdapat di Indonesia. Contoh: Gunung Merapi di Indonesia.
3)    Gunung berapi maar : Gunung berapi yang meletus sekali dan segala aktivitas vulkanisme terhenti,yang tinggal hanya kawahnya saja. Bentuknya seperti danau kecil (danau kawah). Terjadi karena letusan (eksplosif). Contoh: Gunung Lamongan (Jawa Timur), Pegunungan Eifel (Perancis), dan dataran tinggi di Perancis Tengah.
•         Menurut aktivitasnya, gunung api dibagi menjadi tiga kelompok:
a)  Gunung aktif, gunung ini masih bekerja, kawahnya selalu mengeluarkan asap, gempa, dan letusan. Contoh: Gunung Stromboli
b)  Gunung mati. Gunung yang sudah tidak meletus lagi. Contoh: Gunung Patuha dan Gunung Sumbing
c)  Gunung istirahat. Gunung api yang sewaktu-waktu meletus kemudian istirahat kembali. Contoh: Gunung Ciremai dan Gunung Kelud.


C.    Karakteristik Gunung Di Indonesia
Indonesia merupakan negara yang jumlah dunung apinya sangat banyak. Tidak kurang dari 130 gunung api aktif atau 13-17% dari jumlah seluruh gunung api yang ada di dunia, terdapat di Indonesia.
Karena banyaknya gunung api, maka Indonesia rawan dari bencana letusan gunung api. Sejak tahun 1.000 tahun tercatat lebih dari 1.000 letusan dan memakan korban manusia tidak kurang dari 175.000 jiwa. Letusan gunung Tambora pada tahun 1815 dan gunung Krakatau pada tahun 1883 merupakan dua di antara letusan yang paling hebat yang telah memakan banyak korban. Sekiranya kepadatan penduduk seperti sekarang, tentulah letusan itu akan membawa bencana yang lebih besar.
Selain membawa bencana, gunung api merupakan sumber pembawa kemakmuran. Tanah yang subur selalu menutupi tubuhnya .karena itu , penduduk  selalu tertarik untuk menetap dan mendekati  gunungapi, walaupun tempat tersebut diketahuinya berbahaya. Di sinilah terletak permasalahan gunungapi di Indonesia, disatu pihak merupakan sumber bencana, tapi di lain pihak merupakan sumber kesejahteraan.
Karena kondisi tersebut, maka penanggulangan bencana gunung api tidak hanya terpusat pada gunung api, tetapi masyarakat sekitar gunungapi yang kadang tidak mudah untuk dievakuasi. Alasannya selain karena keterikatan dengan rumah dan lahan pertanian, juga karena adanya kepercayaan tertentu terhadap gunungapi.Jadi penanngulangannya juga mencakup aspek social budaya.
Setiap tipe gunung api memiliki karakteristik letusannya masing-masing yang berbeda antara satu dengan lainnya. Gunung api juga memiliki ciri atau perilaku yang berbeda antara satu jenis gunungapi dengan gunung api lainnya. Karena itu, penanganannya juga bervariasi tergantung pada karakteristik gunung api itu sendiri.
Penanggulangan bencana letusan gunung api dibagi menjadi tiga bagian, yaitu persiapan sebelum terjadi letusan, saat terjadi letusan dan sesudah terjadi bencana.

D.    Tanda Dan Gejala Gunung Meletus
a)    Suhu di sekitar gunung naik. Hal ini menunjukkan terjadu kenaikan aktifitas Merapi.
b)    Mata air menjadi kering.
c)    Sering mengeluarkan suara gemuruh, kadang disertai getaran (gempa)
d)    Tumbuhan di sekitar gunung layu

E.    Penyebab Terjadinya Gunung Meletus
Gunung meletus, terjadi akibat endapan magma di dalam perut bumi yang didorong keluar oleh gas yang bertekanan tinggi. Dari letusan-letusan seperti inilah gunung berapi terbentuk. Letusannya yang membawa abu dan batu menyembur dengan keras sejauh radius 18 km atau lebih, sedang lavanya bisa membanjiri daerah sejauh radius 90 km. Letusan gunung berapi bisa menimbulkan korban jiwa dan harta benda yang besar sampai ribuan kilometer jauhnya dan bahkan bias mempengaruhi putaran iklim di bumi ini. Hasil letusan gunung berapi (sumber:MPBI)
•    gas vulkanik
•    Lava dan aliran pasir serta batu panas
•    Lahar
•    Tanah longsor
•    Gempa bumi
•    Abuletusan
•    Awan panas (Piroklastik)

F.    Manajemen Penanggulangan Pada Gunung Meletus
1.    Penanggulangan Pra Bencana Gunung Meletus
Beberapa persiapan yang harus dilakukan dalam menghadapi letusan gunung api antara lain :
a.    Mengenali tanda-tanda bencana, karakter gunung api dan ancaman-  ancamannya;
b.    Membuat peta ancaman, mengenali daerah ancaman, daerah aman;
c.    Membuat sistem peringatan dini;
d.    Mengembangkan Radio komunitas untuk penyebarluasan informasi status gunung api;
e.    Mencermati dan memahami Peta Kawasan Rawan gunung api yang diterbitkan oleh instansi berwenang;
f.    Membuat perencanaan penanganan bencana;
g.    Mempersiapkan jalur dan tempat pengungsian yang sudah siap dengan bahan kebutuhan dasar (air, jamban, makanan, pertolongan pertama) jika diperlukan;
h.    Mempersiapkan kebutuhan dasar dan dokumen penting;
i.    Memantau informasi yang diberikan oleh Pos Pengamatan gunung api (dikoordinasi oleh Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi). Pos pengamatan gunung api biasanya mengkomunikasikan perkembangan status gunung api lewat radio komunikasi.
2.    Penanggulangan Saat Bencana Gunung Meletus
Penanganan yang harus di lakukan pada saat terjadi gunung meletus atau becana.
Mengetahui lokasi bencana dari informasi yang di dapat, dan harus memperhatikan hal-hal berikut.
a)    Lengkapi semua informasi. Dan  klasifikasi kebenaran berita
b)    Bila benar berita di laporkan sesuai ketentuan (alur pelaporan)
c)    Berita distribusikan untuk kordinasi dengan unit kerja terkait (persiapan tim)
d)    Puskodalmet di bentuk (aktifkan organisasi kerangka/ organisasi tugas yang sudah ditetapkan saat preparednees)
e)    Sistem Komunikasi memegang peran penting


3.    Tugas pengendalian fasilitas dan logistic seperti :
a)    Mampu mengetahui dan menyiapkan kebutuhan  semua unit kerja ( fasilitas Puskodal, fasilitas dan logistik di lapangan)
b)    Menyiapkan dan berkoordinasi dgn sektor lain dalam penyiapan kebutuhan korban (RS lapangan, shektering pengungsi, jamban, air bersih, transportasi tim dan korban)
c)    Mempu mengelola semua bantuan logistik dari hasil koordinasi atau bantuan
d)    Lokasi bencana tindakan yang harus di lakukan
1)    Lakukan seleksi korban
2)    Untuk memberikan prioritas pelayanan
3)    Gunakan Label / Tag
4)    Penyelamatan dan mengefaluasi korban maupun harta benda
5)    Memenuhi kebutuhan dasar
6)    Penyelamatan, serta pemulihan sarana dan prasarana
7)    Perlindungan
8)    Pengurusan pengungsi
Yang sebaiknya dilakukan oleh setiap orang jika terjadi letusan gunung api antara lain :
1)    Hindari daerah rawan bencana seperti lereng gunung, lembah, aliran sungai kering dan daerah aliran lahar;
2)    Hindari tempat terbuka, lindungi diri dari abu letusan;
3)    Masuk ruang lindung darurat;
4)    Siapkan diri untuk kemungkinan bencana susulan;
5)    Kenakan pakaian yang bisa melindungi tubuh, seperti baju lengan panjang, celana panjang, topi dan lainnya;
6)    Melindungi mata dari debu, bila ada gunakan pelindung mata seperti kacamata renang atau apapun yang bisa mencegah masuknya debu ke dalam mata;
7)    Jangan memakai lensa kontak;
8)    Pakai masker atau kain untuk menutupi mulut dan hidung;
9)    Saat turunnya abu gunung api usahakan untuk menutup wajah dengan kedua belah tangan.
4.    Penanggulangan Pasca Bencana Gunung Meletus
Penyelenggaraan penanggulanagan bencana pada tahap  pasca bencana yaitu:
a)    Rehabilitasi
1.    Perbaikan lingkungan daerah bencana.
2.    Perbaikan prasarana dan sarana umum.
3.    Pemberian bantuan perbaikan rumah masyarakat.
4.    Pemulihan social psikologis.
5.    Pelayanan kesehatan
6.    Rekonsiliasi dan resolusi konflik
7.    Pemulihan social ekonomi budaya
8.    Pemulihan keamanan dan ketertiban
9.    Pemulihan fungsi pemerintahan, dan
10.    Pemulihan fungsi pelayanan public.
b)    Rekonstruksi
11.    Pembangunan kembali prasarana dan sarana
12.    Pembangunan kembali sarana social masyarakat
13.    Pembangkitan kembali kehidupan social budaya masyrakat
14.    Penerapan rancang bangun yang tepat dan penggunaan peralatan yang lebih baik
15.    Partisipasi dan peran serta lembaga dan organisasi kemasyarakatan dunia usaha dan masyarakat.
16.    Peningkatan kondisi social, ekonomi, dan budaya
17.    Peningkatan fungsi pelayanan public, dan
18.    Peningkatam pelayanan utama dalam masyarakat.

G.    Peran Perawat Dalam Tanggap Bencana
Peran perawat pada pra-bencana:
a.    Perawat mengikuti pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kesehatan dalam penanggulangan ancaman bencana untuk setiap fasenya.
b.    Perawat ikut terlibat dalam berbagai dinas pemerintah, organisasi lingkungan, palang merah nasional, maupun lembaga-lembaga kemasyarakatan dalam memberikan penyuluhan dan simulasi persiapan menghadapi ancaman bencana kepada masyarakat.
c.    Perawat terlibat dalam program promosi kesehatan untuk meningkatkan kesiapan masyarakat dalam menghadapi bencana yang meliputi hal-hal berikut.
1)    Usaha pertolongan diri sendiri (pada masyarakat tersebut)
2)    Pelatihan pertolongan pertama dalam keluarga seperti menolong anggota keluarga yang lain.
3)    Pembekalan informasi tentang bagaimana menyimpan dan membawa  persediaan makanan dan penggunaan air yang aman.
4)    Perawat juga dapat memberikan beberapa alamat dan nomor telepon darurat seperti dinas kebakaran, rumah sakit, dan ambulans.
5)    Memberikan informasi tempat-tempat alternatif penampungan atau posko-posko bencana.
6)    Memberikan informasi tentang perlengkapan yang dapat dibawa seperti pakaian seperlunya, radio portable, senter beserta baterainya dan lainnya.
7)    Bersama tim dokter, menyiapkan kebutuhan rumah sakit lapangan dan tim ambulans
8)    Berdiskusi bersama tim dokter tentang penyakit yang timbul akibat bencana sehingga dapat mempersiapkan obat-obatan/alat kesehatan yang sesuai.

Peran Perawat dalam intra bencana:
1)    Bertindak cepat
2)    Melakukan pertolongan pertama
3)    Menentukan status korban berdasarkan triase
4)    Merujuk pasien segera yang memerlukan fasilitas kesehatan yang lebih lengkap.
5)    Do not promise. Perawat seharusnya tidak menjanjikan apapun dengan pasti, dengan maksud memberikan harapan yang besar pada para korban selamat.
6)    Berkonsentrasi penuh pada apa yang dilakukan.
7)    Koordinasi dan menciptakan kepemimpinan (coordination and create leadership).
8)    Untuk jangka panjang, bersama-sama pihak yang terkait dapat mendiskusikan dan merancang master plan of revitalizing, biasanya untuk jangka waktu 30 bulan pertama.
Peran perawat pada pasca bencana menurut Feri dan Makhfudli (2009) adalah perawat berkerja sama dengan tenaga kesehatan lain dalam memberikan bantuan kesehatan kepada korban seperti pemeriksaan fisik, wound care secara menyeluruh dan merata pada daerah terjadi bencana. Saat terjadi stres psikologis yang terjadi dapat terus berkembang hingga terjadi post-traumatic stress disorder (PTSD) yang merupakan sindrom dengan tiga kriteria utama yaitu trauma pasti dapat dikenali, individu mengalami gejala ulang traumanya melalui flashback, mimpi, ataupun peristiwa-peristiwa yang memacunya dan individu akan menunjukkan gangguan fisik, perawat dapat berperan sebagai konseling. Tidak hanya itu perawat bersama masyarakat dan profesi lain yang terkait bekerja sama dengan unsur lintas sektor menangani masalah kesehatan masyarakat pasca-gawat darurat serta mempercepat fase pemulihan menuju keadaan sehat dan aman. Selain itu Perawat dapat melakukan pelatihan-pelatihan keterampilan yang difasilitasi dan berkolaborasi dengan instansi ataupun LSM yang bergerak dalam bidang itu. Sehinnga diharapkan masyarakat di sekitar daerah bencana akan mampu membangun kehidupannya kedepan lewat kemampuan yang dimilikinya.

H.    Dampak Gunung Meletus
1.    Dampak  Negative Akibat  Gunung  Merapi
Dampak dari abu gunung merapi yaitu berbagai jenis gas seperti Sulfur Dioksida (SO2), gas Hidrogen Sulfida (H2S), Nitrogen Dioksida (NO2), serta debu dalam bentuk partikel debu (Total Suspended Particulate atau Particulate Matter).
a)    Kecelakaan lalu lintas akibat jalan berdebu licin, jatuh karena panik, serta makanan yang terkontaminasi, dan lain-lain.
b)    Banyak dari penduduk, terutama sekitar Gunung Merapi yang kehilanganpekerjaan rutin kesehariannya.
c)    Timbulnya penyakit pada korban seperti ISPA
d)    64 desa di Sleman dan puluhan desa di Magelang serta Klaten porak poranda. Bahkan, desa tersebut dinyatakan tertutup karena berada di zona yang tidak aman. Sebagian desa sudah tertutup debu vulkanik dengan ketebalan hingga satu meter.
e)    Hujan debu dari Merapi juga meluas dan membatasi jarak pandang. Lalu lintas, baik darat maupun udara, mulai terganggu. Bahkan, penerbangan dari dan ke Yogyakarta ditutup sementara waktu.
f)    Dan terjadi pula kebakaran hutan karena terkena laharnya.
g)    Banyak dalam sektor pertanian terganggu akibat bencana ini yang menyebabkan pendapatan bisnis para petani menurun drastis.
h)    Di sektor perikanan terjadi kerugian sekitar 1.272 ton.
i)    Di sektor pariwisata, kunjungan wisatawan berkurang sehingga menyebabkan tingkat hunian hotel yang tadinya 70 persen turun menjadi 30 persen.
j)    Sehingga dapat dikatakan Meletusnya Merapi ini mengakibatkan dampak yang sangat besar bagi Indonesia.
2.    Dampak  Positive Akibat  Gunung  Merapi
Selain itu, gunung meletus juga menyebabkan dampak positif. Meskipun untuk letusan Merapi ini dampak tersebut belum terlihat secara signifikan tapi ada hal yang dapat dijadikan dampak positive dalam bencana ini yaitu :
a)    Penambang pasir mendapat pekerjaan baru yaitu bekerja untuk mendapat pasir di pinggiran aliran lahar dingin.
b)    Hasil muntahan vulkanik bagi lahan pertanian dapat menyuburkan tanah, namun dampak ini hanya dirasakan oleh  penduduk sekitar gunung.
c)    Bahan material vulkanik berupa pasir dan batu dapat digunakan sebagai bahan  material yang berfungsi untuk bahan bangunan, dan lain-lain.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Indonesia merupakan negara yang jumlah dunung apinya sangat banyak. Tidak kurang dari 130 gunung api aktif atau 13-17% dari jumlah seluruh gunung api yang ada di dunia, terdapat di Indonesia.
Peran perawat pada pasca bencana menurut Feri dan Makhfudli (2009) adalah perawat berkerja sama dengan tenaga kesehatan lain dalam memberikan bantuan kesehatan kepada korban seperti pemeriksaan fisik, wound care secara menyeluruh dan merata pada daerah terjadi bencana. Saat terjadi stres psikologis yang terjadi dapat terus berkembang hingga terjadi post-traumatic stress disorder (PTSD) yang merupakan sindrom dengan tiga kriteria utama yaitu trauma pasti dapat dikenali, individu mengalami gejala ulang traumanya melalui flashback, mimpi, ataupun peristiwa-peristiwa yang memacunya dan individu akan menunjukkan gangguan fisik, perawat dapat berperan sebagai konseling. Tidak hanya itu perawat bersama masyarakat dan profesi lain yang terkait bekerja sama dengan unsur lintas sektor menangani masalah kesehatan masyarakat pasca-gawat darurat serta mempercepat fase pemulihan menuju keadaan sehat dan aman.



B.    Saran
Sebaiknya di setiap gunung api yang masih aktif ada pos pengawasan yang dilengkapi dengan alat-alat pemantauan yang akurat. Informasikan atau komukasikan segala tanda bahaya yang diperoleh sedini mungkin kepada masyarakat atau melalui kepala desa masing-masing. Buat sirene tanda bahaya untuk mengingatkan penduduk untuk segera mengungsi bila keadaaan tambah gawat. Pembuatan sungai yang khusus untuk aliran lahar dan membuat tanggul yang kokoh untuk melindungi desa dari aliran lahar.

DAFTAR PUSTAKA

Menjaga Kelestarian Fungsi Gunung Sebagai Menara Air (Water Tower) | Perum Jasa Tirta I
Bencana gunung meletus  | Feri dan Makhfudli, jateng : 2009
Caraka Tani – Jurnal Ilmu Ilmu Pertanian Vol. XXIX No. 1 Maret 2014
Posted: Oktober 3, 2013 in Uncategorized Tags: gunung api, pengertian gunung api

5 Komentar untuk "MAKALAH GUNUNG MELETUS"

Hallo Bettor Mania

Dalam Langkah Menyambut "Hari Kemerdekaan Indonesia" yang ke-73 Pada Tanggal 17 Agustus 2018
BCAPLAY Menberikan Beberapa promo/event Special Pada Bulan Agustus Ini

*Special Promo/Event Bcaplay Bulan Agustus
1.Tournament Sportbook BCAPLAY (Total Hadiah 20 Juta)
2.Bonus FreeChip 17 Ribu
3.Promo Member Get Member Freechip 8Ribu

*Special Promo Untuk Member Regular Kami
1.Bonus New Member 100% (Sportbook)
2.Bonus New Member 50% (Casino)
3.Bonus Next Deposit 10%
4.Bonus Cashback 10% (Sportbook)
5.Bonus Rollingan 1% (Casino)
6.Bonus Refferal (NEW)
7.Bonus New Member Poker 20%
8.Bonus Rollingan Poker 0.5

*Agen Taruhan Bola,Casino & Poker Online Terpercaya Di Indonesia
– Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL
– Minimal Deposit 10Ribu & Withdraw 20Ribu
– Daftar Mudah, Proses Cepat, Aman & Terpercaya Sudah Terbukti!

Untuk Semua Info Lebih Lanjut Bisa Menghubungin
BBM : D86A48C2
W/A : +6281269011735
Line : @BCABETS
IDNSPORT : www.bcafun(.)com | www.bca2u(.)com
SBOBET : www.bcabet888(.)com




#BCAPLAY #BCABET #BCAFUN #BOLA888 #BCABETEVENT
#BERITABOLA #JADWALBOLA #HASILBOLA #PREDIKSIBOLA #BANDARONLINE
#LIVEPOKER #AGENSBOBET #AGENMAXBET
#IDNSPORT #IDNLIVE #IDNPOKER #BANDARPOKER #BANDARQQ #BANDARDOMINO #DOMINOQQ #BANDARCEME #SLOTONLINE #LIVECASINO #EVEN17AGUSTUS #SITUSTERPERCAYA

Hallo Bettor Mania

Dalam Langkah Menyambut "Hari Kemerdekaan Indonesia" yang ke-73 Pada Tanggal 17 Agustus 2018
BCAPLAY Menberikan Beberapa promo/event Special Pada Bulan Agustus Ini

*Special Promo/Event Bcaplay Bulan Agustus
1.Tournament Sportbook BCAPLAY (Total Hadiah 20 Juta)
2.Bonus FreeChip 17 Ribu
3.Promo Member Get Member Freechip 8Ribu

*Special Promo Untuk Member Regular Kami
1.Bonus New Member 100% (Sportbook)
2.Bonus New Member 50% (Casino)
3.Bonus Next Deposit 10%
4.Bonus Cashback 10% (Sportbook)
5.Bonus Rollingan 1% (Casino)
6.Bonus Refferal (NEW)
7.Bonus New Member Poker 20%
8.Bonus Rollingan Poker 0.5

*Agen Taruhan Bola,Casino & Poker Online Terpercaya Di Indonesia
– Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL
– Minimal Deposit 10Ribu & Withdraw 20Ribu
– Daftar Mudah, Proses Cepat, Aman & Terpercaya Sudah Terbukti!

Untuk Semua Info Lebih Lanjut Bisa Menghubungin
BBM : D86A48C2
W/A : +6281269011735
Line : @BCABETS
IDNSPORT : www.bcafun(.)com | www.bca2u(.)com
SBOBET : www.bcabet888(.)com




#BCAPLAY #BCABET #BCAFUN #BOLA888 #BCABETEVENT
#BERITABOLA #JADWALBOLA #HASILBOLA #PREDIKSIBOLA #BANDARONLINE
#LIVEPOKER #AGENSBOBET #AGENMAXBET
#IDNSPORT #IDNLIVE #IDNPOKER #BANDARPOKER #BANDARQQ #BANDARDOMINO #DOMINOQQ #BANDARCEME #SLOTONLINE #LIVECASINO #EVEN17AGUSTUS #SITUSTERPERCAYA

BCAPLAY - AGEN TARUHAN BOLA,CASINO, POKER DAN SLOT ONLINE TERBAIK & TERPERCAYA DI INDONESIA

*Agen Taruhan Bola,Casino & Poker Online Terpercaya Di Indonesia
– Menerima Deposit Via Pulsa Telkomsel & XL
– Minimal Deposit 10Ribu & Withdraw 20Ribu
– Daftar Mudah, Proses Cepat, Aman & Terpercaya Sudah Terbukti!

*Special Promo Untuk Member Regular Kami
1.Bonus New Member 100% (Sportbook)
2.Bonus New Member 50% (Casino)
3.Bonus Next Deposit 10% (ALL GAME)
4.Bonus Cashback 10% (Sportbook)
5.Bonus Rollingan 1% (Casino)
6.Bonus Refferal (NEW)
7.Bonus New Member Poker 20%

Untuk Semua Info Lebih Lanjut Bisa Menghubungin
BBM : D86A48C2
W/A : +6281269011735
Line : @BCABETS

Terima Kasih Infonya gan
Sangat Bermanfaat…
Bagi yang mau belajar pemrograman ini alamat link buat belajar pemrograman
https://combro.xyz/
https://combro.xyz/category/algoritma-pemrograman/
https://combro.xyz/organisasi-komputer/
https://combro.xyz/sistem-operasi/
https://combro.xyz/komunikasi-data/
https://combro.xyz/olahraga/
https://combro.xyz/konsep-multimedia/
https://combro.xyz/pemrograman-berorientasi-objek/
https://combro.xyz/perancangan-web/
https://combro.xyz/jaringan-komputer/
Banyak Informasi seputar Pelajar, Mahasiswa, pemrograman dan perkuliahan
Selain itu kamu juga dapat Request Artikel yang kamu mau

Back To Top