Rumah Adat 34 Provinsi Beserta Penjelasannya


 

Rumah Adat 34 Provinsi Beserta Penjelasannya

1. Rumah Adat Krong Bade di Provinsi Nanggro Ace Darussalam

Rumah adat krong bade merupakan rumah adat yang berasal dari nangro aceh darussalam. Rumah ini berbentuk panggung dan di depannya terdapat tangga.
2. Rumah Adat Bolon di Provinsi Sumatra Utara


Rumah adat bolon merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sumatra utara. Rumah ini memiliki beberapa jenis, dianyaranya yaitu : rumah adat bolon angkola, rumah adat bolon karo, dan rumah adat bolon toba. Rumah adat bolon sangat kental akan budaya batak.
3. Rumah Adat Gadang di Provinsi Sumatra Barat

Rumah adat gadang merupakan rumah adat yang berasal dari provinsi sumatra barat. Rumah ini memiliki gaya arsitektur yang unik dengan budaya melayu nusantara. Rumah ini di bangun oleh orang-orang dari suku minang.
4. Rumah Adat Selaso Jatuh Kembar di Provinsi Riau

Rumah adat selaso jatuh kembar adalah rumah adat yang berasal dari provinsi riau. Rumah ini biasanya digunakan untuk berkumpul dan juga bermusyawarah oleh masyarakat di provinsi riau
5. Rumah Adat Belah Burung di Provinsi Kepulauan Riau

Rumah adat belah burung adalah rumah adat yang berasal dari provinsi kepulauan riau. Rumah ini berbentuk panggung dan apatnya berbentuk curam serta di depannya terdapat 1 buah anak tangga.
6. Rumah Adat kajang Leko di Provinsi Jambi

Rumah adat kajang leko adalah rumah adat yang berasal dari provinsi jambi. Rumah ini memiliki 8 ruangan. Dimana setiap ruangannya memiliki fungsi masing-masing, salah satunya yaitu untuk menyimpan persediaan air.
7. Rumah Adat Limas di Provinsi Sumatra Selatan

Rumah adat limas adalah rumah adat yang berasal dari provinsi sumatra selatan. Rumah ini memiliki bentuk yang unik, yaitu dimana atapnya berbentuk limas.
8. Rumah Adat Rakit Limas di Provinsi Bangka Belitung

Rumah adat rakit limas adalah rumah adat yang berasal dari provinsi bangka belitung. Rumah ini di buat di atas sungai. Mengapa di buat di atas sungai? Hal ini dikarenakan dahulunya sungai dianggap sebagai mata pencaharian bagi masyarakat di bangka belitung.
9. Rumah Adat Rakyat di Provinsi Bengkulu

Rumah adat rakyat adalah rumah tradisional yang berasal dari provinsi bengkulu. Rumah ini memiliki beberapa ruangan, salah satunya yaitu ruangan berendo. Ruangan ini digunakan khusus untuk menerima tamu.
10. Rumah Adat Wonou Sesat di Provinsi Lampung

Rumah adat wonou sesat adalah rumah adat yang berasal dari provinsi lampung. Rumah ini memiliki arti untuk ibadah. Menurut orang setempat, rumah ini didiran atas dasar beribadah, yakni membangun keluarga dan mendidik anak.
11. Rumah Adat Badui di Provinsi Banten

Rumah adat badui adalah rumah adat yang berasal dari provinsi banten. Rumah ini berbentuk panggung dengan atap ilalang.
12. Rumah Adat Sunda di Provinsi Jawa Barat

Rumah adat sunda adalah rumah adat yang berasal dari provinsi jawa barat. Rumah ini berbentuk panggung dan di bagian depannya terdapat anak tangga. Rumah adat sunda ini terbuat dari 90% kayu.

13. Rumah Adat Joglo di Provinsi Jawa Tengah

Rumah adat joglo adalah rumah adat yang berasal dari provinsi jawa tengah. Rumah ini memiliki ruang pendopo yang digunakan untuk menerima tamu.
14. Rumah Adat Bangsal Kencono di Provinsi Yogyakarta

Rumah adat bangsal kencono adalah rumah adat yang berasal dari provinsi yogyakarta. Rumah ini dulunya di bangung untuk tempat tinggal para raja dan pejabat kerajaan di jawa.
15. Rumah Adat Joglo di Provinsi Jawa Timur

Rumah adat joglo adalah rumah adat yang berasal dari provinsi jawa timur. Rumah ini hampir mirip dengan rumah joglo yang ada di jawa tengah. Namun joglo dari jawa timur lebih minimalis dan artistik.
16. Rumah Adat Kebaya di Provinsi DKI Jakarta

Rumah adat kebaya adalah rumah adat yang berasal dari provinsi DKI Jakarta. Rumah ini sangat kentang dengan budaya betawi. Nah untuk bisa menemui rumah ini, anda bisa datang ke daerah perkampungan betawi.
17. Rumah Adat Gapura Candi Bentar di Provinsi Bali

Rumah adat gapura candi bentar adalah rumah adat yang berasal dari provinsi bali. Rumah ini sangat kental dengan budaya agama hindu.
18. Rumah Adat Dalam Loka di Provinsi Nusa Tenggara Barat

Rumah adat dalam loka adalah rumah adat yang berasal dari provinsi nusa tenggara barat. Rumah ini di bangung oleh suku-suku asli yang mendalami nusa tenggara barat, seperti suku sasak dan suku sumbawa.
19. Rumah Adat Musalaki di Provinsi Nusa Tenggara Timur

Rumah adat musalaki adalah rumah adat yang berasal dari provinsi nusa tenggara timur. Rumah ini hampir sama dengan rumah adat di nusa tenggara barat, namun arsitektur dan filosofi dari rumah adat ini ada sedikit perbedaan.
20. Rumah Adat Panjang di Provinsi Kalimantan Barat

Rumah adat panjang adalah rumah tradisional yang berasal dari provinsi nusa tenggara barat. Rumah ini memiliki ukuran yang besar dan panjang.
21. Rumah Adat Betang di Provinsi Kalimantan Tengah

Rumah adat betang adalah rumah adat yang berasal dari provinsi kalimantan tengah. Rumah ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan rumah adat yang di kalimantan barat. Namun ukuran dari rumah adat ini lebih besar.
22. Rumah Adat Lamin di Provinsi Kalimantan Timur

Rumah adat lamin adalah rumah adat yang berasal dari provinsi kalimantan timur. Rumah ini memiliki ukuran yang sangat besar melebihi ukuran rumah adat betang. Rumah adat lamin mampu menampung sekitar 260 orang.
23. Rumah Adat Bubungan Tinggi di Provinsi Kalimantan Selatan

Rumah adat bubungan tinggi adalah rumah adat yang berasal dari provinsi kalimantan selatan. Rumah ini bangun oleh orang-orang suku dayak selatan.
24. Rumah Adat Baloy di Provinsi Kalimantan Utara

Rumah Adat Baloy adalah rumah adat yang berasal dari provinsi kalimantan utara. Rumah ini di bangung karena terinspirasi dari rumah adat suk tidung yang tinggal di pedalam kaliman utara.
25. Rumah Adat Perawis di provinsi Sulawesi Utara

Rumah adat perawis adalah rumah adat yang berasal dari provinsi sulawesi utara. Rumah ini merupakan rumah adat suku minahasa. Rumah perawis ini ciri khas dengan 2 buah tangga di depan rumah.
26. Rumah Adat Tambi di Provinsi Sulawesi Tengah

Rumah adat tambi adalah rumah adat yang berasal dari provinsi sulawesi tengah. Rumah ini terbuat dari kayu dan batu alam. Rumah adat tambi memiliki bentuk seperti rumah panggung.
27. Rumah Adat Buton di Provinsi Sulawesi Tenggara

Rumah adat buton adalah rumah adat yang berasal dari provinsi sulawesi tenggara. Rumah ini memiliki 4 lantai. Rumah adat buton ini di bangung menggunakan kayu tanpa pasak dan paku.

28. Rumah Adat Tongkonan di Provinsi Sulawesi Selatan

Rumah tongkonan adalah rumah adat yang berasal dari sulawesi selatan. Rumah ini memiliki ciri khas pada atapnya, yaitu seperti perahu. Tidak hanya itu, rumah ini juga di depannya di hiasi dengan tanduk kerbau. Rumah adat tongkonan di bangun oleh suku toraja.
29. Rumah Adat Dulohupa di Provinsi Gorontalo

Rumah adat dulohupa adalah rumah adat yang berasal provinsi gorontalo. Rumah ini berbentuk rumah panggung, namun atapnya memiliki aksen cukup berseri. Rumah adat dulohupa biasanya digunakan untuk tempat tinggal dan tempat musyawarah.
30. Rumah Adat Mandar di Provinsi SUlawesi Barat

Rumah adat mandar adalah rumah adat yang berasal dari provinsi sulawesi barat. Rumah ini hampir sama dengan rumah adat suku bugis dan toranya. Hanya saja beda pada terasnya, rumah adat ini memiliki leras yang luas serta memiliki anak tangga yang ganjil.
31. Rumah Adat Baileo di Provinsi Maluku

Rumah adat baileo adalah rumah adat yang berasal dari provinsi maluku. Rumah ini memiliki ukuran yang besar serta memiliki beberapa tangga.
32. Rumah Adat Sasadu di Provinsi Maluku Utara

Rumah adat sasadu adalah rumah adat yang berasal dari provinsi maluku utara. Rumah ini berbentuk panggung dengan ciri khas memiliki 6 pintu. Dimana setiap pintunya memiliki fungsi yang berbeda.
33. Rumah Adat Honai di Provinsi Papua

Rumah adat honai adalah rumah adat yang berasal dari provinsi papua. Rumah ini tidak memiliki bentuk seperti jamur. Dan perlu diketahui, rumah ini tidak memiliki jendela.
Mengapa tidak memiliki jendela? Hal ini dikarenakan supaya rumah tetap hangat, karena kebanyakan masyarakat papua tinggal di perbukitan atau gunung.
34. Rumah Adat Mod Aki Aksa di Provinsi Papua Barat

Rumah adat mod aki aksa adalah rumah adat yang berasal dari provinsi papua barat. Rumah ini berbentuk panggung dengan banyak penyangga.


0 Komentar untuk "Rumah Adat 34 Provinsi Beserta Penjelasannya"

Back To Top